Langsung ke konten utama

Membina angkatan mujahid Bab II

Bab II
Kuncinya Memahami Dakwah Ikhwanul Muslimin

Dalam sebuah Hadist Riwayat Bukhari Muslim Rasulullah bersabda. "Hendaklah Kamu komitmen bersama Jama'ah kaum muslimin dan imamnya".
*Salah satu prinsip dasar yang tidak boleh diabaikan oleh seorang muslim adalah bahwa umat Islam harus mempunyai jama'ah dan imam. Kewajiban setiap muslim adalah memberikan kesetiaan pada jama'ah dan imamnya. Inilah kunci pertama memahami dakwah Ikhwanul Muslimin.
* Menegakkan hukum Islam merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Karena itu menuntut adanya sebuah jama'ah, yang bekerja untuk memperjuangkannya.maka tindakan yang dilakukan adalah dengan mengubah pribadi seorang muslim. Yang awalnya tidak bertanggung jawab menjadi penuh tanggung jawab. Yang awalnya tidak mencintai menjadi penuh cintanya untuk memperjuangkan demi tegaknya hukum Islam.
* Pembaharuan dan paham zaman menjadi kata kunci untuk mengetahui dakwah pokok Ikhwanul muslimin.
1. Rasulullah Saw telah mewariskan kepada kita Al-Qur'an as-sunah menjadi kan  jiwa menjadi suci, hati menjadi takut kepada Allah dan ruh menjadi ma'rifatnya kepadaNya serta khusu' beribadah.
2. Proses menghidupkan Islam menyangkut hal hal berikut:
a. Menghidupkan kembali fiqih dusturi (fiqih negara) memformat kehidupan Islam dengan nya.
b. Menghidupkan kembali sesuatu yang kini disebut sebagai fiqih niqabah (sistem perserikatan dagang) sehingga berbagai masalah kongsi dagang harus berangkat dari fiqih Islam dalam pelaksanaannya.
c. Menghidupkan kembali qawanin (undang-undang) baik menyangkut undang undang sipil, kriminal, personal, negara niaga atau lainnya. Dan memformat kehidupan kaum muslimin.
d. Menghidupkan kembali rumah tangga Islam
e. Mengembalikan dinamika kehidupan umat Islam agar dengan itu mereka dapat melanjutkan perjuangan internasional nya untuk menegakkan masalah Islam, agar kalimat Allah menjadi yang tertinggi di dunia.
3. Termasuk dalam proses menghidupkan Islam ini adalah menghidupkan sistem nilai Islam, baik secara global ataupun sektoral.
*Sejumlah prinsip umum dakwah ini agar dengannya kita dapat memahami kunci kunci lain dari dakwah Ikhwan dan permasalahannya.
1. Perbedaan antara Ikhwan dengan partai politik lainnya adalah ikhwna adalah muslim, kepada islamlah ia bersandar terhadap islam.ia berkomitmen dan terhadap Islam ia bertitik tolak. Jika  banyak kaum muslimin tidak mengetahui bahwa dalam Islam terdapat semua, justru Ikhwanul muslimin memahaminya dari ayat Allah.
"Kami turunkan padamu Al Qur'an untuk menjelaskan segala sesuatu, petunjuk Rahmat dan kegembiraan bagi orang orang yang berserah diri" (An-Nahal:89)
Dari ayat ini IM memahami bahwa dalam Islam terdapat ini semua, tujuan harus sesuai Islam, sarana harus Islami, khitahnya harus Islami, sistemnya islami, kaidah kaidah institusinya harus Islami, undang undang dan peraturan nya juga islami.
2. Pendapat para Mujtahid, para ulama mengatakan "imam kaum muslimin harus memilih salah satu diantara berbagai pendapat dalam masalah fiqih kemudian menerapkan pemberlakuannya. Tentu saja, pilihan itu harus pada kemaslahatan yang lebih utama.
3. Memelihara opini umum, baik ditingkat regional nasional maupun internasional merupakan prinsip Islam.
4. Ada dua hal yang dapat dicatat berkaitan dengan hal hal yang dijadikan sebagai pegangan oleh Ikhwan.
Pertama, ia harus dibenarkan oleh syariat.
Kedua, ia harus sebanding dengan senjata musuh dan dapat mencapai tujuan. Misalnya menghadapi institusi dengan institusi, slogan dengan slogan dll. Sebagaimana pada jaman Rasulullah pidato dihadapi dengan pidato, perang dihadapi dengan perang dll.
5. Prinsip yang menjadi pegangan Ikhwan dalam kaitan politik luar negeri adalah prinsip masalah dengan masalah. Misalnya kita bergabung dengan PBB (perserikatan bangsa-bangsa) maka kita terpaksa melindungi diri dengan melakukan interpretasi atas diktum dan dokumentasi nya kecuali jika sesuai dengan Islam dan kita menolaknya jika bertentangan dengan Islam.
6. Dalam perjalanannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

karya sastra angkatan 45

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Mungkin kita bertanya mengapa tidak dipakai Pujangga Angkatan ’42 untuk menyebut angkatan sastra ini. Alasan golongan ini diberi nama kemudian, yaitu setelah proklamasi kemerdekaan. Usul Rosihan Anwar untuk nama angkatan periode ini adalah Pujangga Angkatan ’45 yang segera mendapat dukungan publik opini, meskipun beberapa kritikus mengkritknya dengan keras. Nama sebelumnya disebut Pujangga Gelanggang, karena mereka menulis dalam rubrik majalah Siasat yang diberi nama rubrik Gelanggang. Latar belakangnya dapat diikhtisarkan sebagai berikut: 1. Pujangga Angkatan ’45 lahir dan tumbuh di saat revolusi kemerdekaan. Jiwa nasionalisme telah mendarah daging, karena itu suaranya lantang dan keras. 2. Di zaman Jepang muncul sajak berjudul 1943 dari Chairil Anwar, prosa Radio Masyarakat dari Idrus, dan drama Citra dari Usmar Ismail. 3. Pada tanggal 29 November 1946 di Jakarta didirikan Gelanggang oleh Chairil Anwar, Asrul Sani,Baharudin,

Distribusi Bunyi Fonologi

Distribusi Bunyi Distribusi bunyi adalah bagian yang membahas posisinya yakni di awal, tengah atau akhir dalam sebuah kata dasar. Posisi merupakan tempat atau letak bunyi itu berada. Tidak semua bunyi bahasa dapat meliputi ketiga posisi dalam kata dasar. Dengan kata lain posisinya tidaklah lengkap. Sebuah bunyi di katakan berdistribusi lengkap apabila kata itu meliputi tiga posisi tersebut, dan sebaliknya kata itu tidak dikatakan berdistribusi lengkap jika kata dasar tersebut tidak menempati ketiga posisinya. Untuk melihat posisi bunyi dalam sebuah kata, yang yang di pakaidasaradalah kata dasar. Kata dasar merupakan kata yang belum mendapat imbunhan apapun.   Untuk melihat posisi bunyi, kata dasar dibiarkan secara utuh. Jadi, kata dasar tidak boleh di uraikan menjadi suku katauntuk melihat posisi setiap bunyi yang ada dalam kata dasar itu. Distribusi bunyi vokal a)       Bunyi vokal depan, atas tak bundar [ i ] memiliki distribusi yang lengkap. Awal kata         :     

sastra dari balaipustaka sampai kontemporer

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Sastra Indonesia , adalah sebuah istilah yang melingkupi berbagai macam karya sastra di Asia Tenggara . Istilah "Indonesia" sendiri mempunyai arti yang saling melengkapi terutama dalam cakupan geografi dan sejarah poltik di wilayah tersebut. Sastra Indonesia sendiri dapat merujuk pada sastra yang dibuat di wilayah Kepulauan Indonesia . Sering juga secara luas dirujuk kepada sastra yang bahasa akarnya berdasarkan Bahasa Melayu (dimana bahasa Indonesia adalah satu turunannya ). Dengan pengertian kedua maka sastra ini dapat juga diartikan sebagai sastra yang dibuat di wilayah Melayu (selain Indonesia, terdapat juga beberapa negara berbahasa Melayu seperti Malaysia dan Brunei ), demikian pula bangsa Melayu yang tinggal di Singapura . Angkatan Balai Pusataka merupakan karya sastra di Indonesia yang terbit sejak tahun 1920, yang dikeluarkan oleh penerbit Balai Pustaka . Pujangga Baru muncul sebagai reaksi atas banyaknya sen